Pages

Senin, 06 April 2015

Tips Merawat Motor Honda Matik Injeksi

Tips Merawat Motor Honda Matic Injeksi


Banyak sekali varian matik dari bebagai vendor muncul pada tahun 2015 karena penggunaan motor matik sudah menjadi tren tersendiri pada berbagai kalangan di masyarakat Indonesia. Umumnya, matik keluaran tahun 2015 sudah mengadopsi teknologi injeksi, yakni teknologi pencampuran dan pembakaran bahan bakar dengan udara tanpa karburator melainkan dengan teknik semprot (spray).

Adapun keunggulan dari sistem injeksi pada motor matik antara lain:
  1. Emisi gas buang rendah.
  2. Lebih hemat bahan bakar.
  3. Daya motor lebih besar.
  4. Perawatan yang lebih praktis.
Kekurangan yang dimiliki sistem injeksipun bervariasi diantaranya:
  1. Akselerasi kurang responsif
  2. Sensitif terhadap guncangan dan arus listrik dikarenakan hampir semua komponen sistem injeksi adalah berbasis digital.
  3. Harga lebih mahal
Nah dengan kelibihan dan kekurangan mesin motor dengan sistem injeksi, ada beberapa tips yang mungkin bisa saya bagi dengan teman-teman semua.
  1. Pada pagi hari, sebelum digunakan untuk beraktivitas, usahakan untuk menyalakan motor selama 3-5 menit terlebih dahulu agar oli mesin melumasi seluruh bagian mesin sehingga motor lebih optimal ketika digunakan.
  2. Ganti secara rutin oli mesin dan oli gardan. Umumnya, oli gardan diganti tiap 5000 KM, sedangkan oli mesin optimalnya diganti tiap 2000 KM.
  3. Lebih sabar dalam membuka dan menutup gas throttle (gas motor). Mesin akan bekerja mendadak keras bila kita membuka atau menutup gas motor kita secara mendadak, hal ini bisa memperpendek usia motor dan komponen didalamnya.
  4. Aki dan busi selalu dicek tiap servis rutin, karena kelistrikan di motor matik injeksi memegang peranan yang penting.
  5. Tangki bahan bakar jangan sampai kosong melompong ya, karena sistem injeksi bekerja secara otomatis untuk menyedot bahan bakar ke ruang pembakaran.
  6. Vent belt dan Roller juga harus dicek secara berkala ketika servis di bengkel resmi Honda (AHASS).
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh pengguna motor matik injeksi khususnya Honda ya.

Salam,

Pandu Prasodjo

(Sumber: wikipedia.com, autoindonesia.com, welovehonda.com, facebook,com)

0 komentar:

Posting Komentar