Pages

Rabu, 01 April 2015

Ciri - Ciri Maling Motor

Waspada Curanmor!




Akhir-akhir ini marak sekali kasus pembegalan diberbagai daerah di Indonesia. Berbagai cara begal juga sudah diterapkan para pelaku begal. Alasan membegal pun juga macem-macem, mulai alasan ekonomi sampai tidak sadarkan diri alias mabuk.

Terkait dengan alasan ekonomi selain begal, yang tidak jauh dari tindak kriminal motor adalah pencurian motor. Pencurian motor juga marak diberbagai daerah, caranyapun juga bermacam-macam. Akan tetapi ada persamaan yang bisa kita cermati bila ada orang yang mencurigakan dan diduga sebagai pencuri motor.

Saya melakukan pengamatan di Youtube.com selama seminggu ini, melihat berbagai video cctv tindak kejahatan pencurian motor diberbagai tempat. Adapun tingkah laku para pelaku tindak kriminal yang bisa cermati:

  1. Umumnya para pelaku terdiri dari 2 orang berboncengan. Satu orang tetap berada diatas motor untuk berjaga-jaga dan satu orang lainnya melakukan pembobolan kunci. Tapi tidak jarang juga yang melakukannya sendirian.
  2. Pelaku yang melakukan pembobolan kunci, awalnya mondar-mandir terlebih dahulu disekitar target motor sambil melihat situasi sekitar.
  3. Setelah dinilai aman, pelaku mulai beraksi dengan cara pura-pura duduk dimotor target. Meraka melakukannya dengan sangat tenang, seolah-olah itu adalah motor mereka. Bedannya mereka tetep celingak-celinguk.
  4. Nah, setelah mereka duduk, yang paling terlihat adalah ketika membobol kunci motor, biasanya para pelaku ketika memutar KUNCI T sebagai alat membobolnya, hampir semua pelaku menundukkan badan untuk meningkatkan kekuatan memutar kunci motor. Biasanya kalo orang biasa memutar kunci motor dengan kunci asli, dipastikan santai aja tanpa tenaga, sedangkan dengan KUNCI T, sangatlah berat sehingga memutar kunci motor dengan tenaga yang sangat besar. Jadi mereka membungkuk untuk meningkatkan power tangan mereka.
Saran saya agar motor disekeliling kita aman dari pelaku kejahatan pencurian motor adalah:
  1. Bila ada orang yang mencurigakan, ajaklah berbicara.
  2. Ajaklah teman
  3. Pedulilah dengan lingkungan sekitar anda
Semoga bermanfaat bagi kita semua dan semakin waspada terhadap para pelaku pencurian motor.

Salam,

Pandu Prasodjo


2 komentar:

  1. Betul bang... saya juga begitu ketika saya menonton aksi aksi kriminal di youtube. Saya terinspirasi tambah waspada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bang surya... harus lebih waspada... maling beraksi bukan hanya karena ada niat tapi juga ada kesempatan...

      Hapus