Pages

Jumat, 28 Oktober 2011

Operating System

Hai Friends, kali ini saya pengen share sedikit aja tentang operating system (OS) atau dalam bahasa Indonesia sering disebut Sistem Operasi. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memproses sistem yang difasilitasi oleh Hardware atau perangkat keras. Ilustrasinya, Sistem Operasi adalah sebuah ruh dalam dalam komputer. Seandainya Hardware itu adalah bagian-bagian tubuh yang membangun badan kita secara utuh, akan tetapi Sistem Operasi adalah ruh yang menggerakkan badan kita untuk melakukan aktivitas.

Cara kerja sistem operasi apabila dijelaskan secara mendetail akan membutuhkan banyak waktu dan istilah-istilah khusus untuk menjelaskan proses bekerjanya sistem operasi. Apabila boleh digambarkan secara mudah, Sistem Operasi sudah dibangun secara khusus untuk menggerakkan hardware yang ada di dalam komputer. Jadi cara sistem operasi bekerja adalah menggunakan perintah-perintah khusus (Command) yang sudah terprogram khusus untuk menjembatani kinerja hardware dengan fitur-fitur yang ada dalam sistem operasi tersebut. Jadi, ruh adalah esensi dari tubuh manusia; begitu dengan komputer, sebuah komputer tak bisa bekerja tanpa ruh atau sistem operasi. Contoh dari sistem operasi untuk komputer adalah Windows (yang paling umum di Indonesia), Machintos (Apple menggunakan sistem operasi ini), Safari, dll. Untuk Handphone pun ada sistem operasi tersendiri seperti Android, Symbian, Blackberry OS, dll.

Nah, teman-teman mungkin informasi yang saya bagi disini masi sangat terbatas. Dan semoga ini dapat membantu teman-teman sekalian dalam memahami sistem operasi secara lebih mudah.

Salam Luar Biasa!!!

Pandu Prasodjo


0 komentar:

Posting Komentar